Kamis, 15 Oktober 2015

Bukan Sekedar Mainan, Bahkan Menguntungkan

Ternyata bukan hanya emas atau properti saja yang bisa dijadikan untuk investasi, mainan pun dapat memberikan keuntungan. Jika beberapa orang berpendapat kalau mengkoleksi mainan yang banyak hanya untuk menghambur – hamburkan uang, faktanya pada masa sekarang ini banyak beberapa mainan justru memberikan keuntungan yang besar bagi si kolektor mainan. Apalagi jika mainan tersebut sudah langka atau sulit ditemukan. Ini dia beberapa koleksi mainan dengan nilai ekonomis yang terus bertambah :

Action Figure
Dulu action figure hanya dijadikan sebatas mainan, pajangan semata, tetapi sekarang ini berkembang menjadi barang koleksi bahkan sudah banyak ditemukan kolektor action figure dengan beragam jenis koleksi mulai dari original version, chibi version atau moving/attack version. Beberapa kolektor menyimpan koleksi action figure di dalam kemasan atau MISB (Mint In Sealed Box) untuk menjaga nilai jualnya agar lebih tinggi. Berbeda dengan action figure diluar dari kemasan yang akan menurunkan nilai harganya 50 – 60 persen dari harga beli. Ada banyak produsen action figure dan seri – seri yang dikeluarkan. Misalnya, Hasbro dengan Transformers, dan G.I Joe yang menjadi andalan atau Bandai yang memiliki Gundam dan Dragon Ball.

Diecast
Beberapa merek  diecast  terkenal seperti  Hot Wheels, Matchbox, Tomica, dan Kinsmart adalah yang paling banyak diincar para kolektor untuk dijadikan sebagai investasi karena detail produk yang sangat mirip dengan mobil aslinya. Jumlah produksinya juga terbatas dengan varian atau seri tertentu. Setiap seri yang sudah dirilis tidak akan diproduksi lagi, sehingga mobil diecast menjadi barang yang layak untuk dikoleksi. Maka dari itu, kolektordiecast semakin bertambah setiap tahunnya.

Lego
Mainan yang sudah digemari sejak dulu ini  juga layak dijadikan sebagai koleksi apalagi investasi, karena beberapa jenis Lego tidak akan diproduksi ulang atau one time production, khususnya yang berlisensi seperti Star Wars. Tidak seperti investasi emas yang harganya bisa turun sewaktu – waktu, harga jual Lego dipastikan akan terus naik. Bahkan untuk harga sebuah Lego yang masih di dalam kemasan bisa menyentuh harga hingga Rp 20 juta!

Tamiya
Mobil rakitan yang satu ini sepertinya ga bakal habis masanya untuk dijadikan koleksi sekaligus investasi. Mungkin beberapa Toppers ada yang masih mengingat beberapa tahun silam ketika sedang marak – maraknya kontes balapan tamiya yang bisa kita temui di mall – mall atau tempat bermain lainnya. Meskipun sekarang ini kita sudah jarang menemukannya tapi, mainan mobil balap atau biasa disebut mini 4WD ini menjadi salah satu pilihan para kolektor mainan untuk menjadikannya sebagai investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar