Sejarah Diecast - Diecast (atau die cast, atau die-cast)
mainan pertama kali diproduksi di awal abad ke-20 oleh produsen seperti Meccano
(Mainan Dinky) di Inggris dan Dowst Brothers (TootsieToys) di Amerika Serikat.
Model pertama di pasar adalah dasar, terdiri dari tubuh mobil atau van kecil
dengan interior tidak. Pada masa awal itu umum untuk kotoran di paduan
berakibat seng hama; casting akan mendistorsi atau crack untuk tanpa alasan
yang jelas. Sebagai akibatnya, mainan diecast dibuat sebelum Perang Dunia II
sulit untuk menemukan dalam kondisi baik. Kemudian kemurnian tinggi Zamak
paduan dihindari masalah ini.
Lesney mulai membuat mainan diecast pada tahun 1947. Mereka
populer kotak korek api 1-75 seri dinamakan demikian karena selalu ada 75
kendaraan yang berbeda pada baris, Semua dikemas dalam sebuah kotak kecil yang
dirancang agar terlihat seperti yang digunakan untuk pertandingan. Mainan ini
menjadi begitu populer bahwa “Kotak korek api” banyak digunakan sebagai istilah
umum untuk mobil mainan diecast apapun, terlepas dari yang sebenarnya produsen
ini.
Popularitas mainan diecast sebagai koleksi dikembangkan pada
tahun 1950-an, sebagai detail dan kualitas mereka meningkat. Akibatnya, lebih
banyak perusahaan masuk bidang, termasuk merek Corgi , diproduksi oleh Mettoy,
yang muncul pada tahun 1956 dan mempelopori penggunaan interior dalam model
mereka.
Pada tahun 1968, Hot Wheels diperkenalkan di Amerika Serikat
oleh Mattel, untuk mengatasi keluhan bahwa mereka telah ada garis mainan untuk
anak laki-laki untuk menyeimbangkan mereka garis boneka Barbie untuk
gadis-gadis. Karena mereka tampak cepat dan cepat (mereka dilengkapi dengan
gesekan rendah roda/poros Majelis), roda panas dengan cepat mendapatkan ceruk
penting di pasar mainan diecast, menjadi salah satu Penjual top dunia dan
menantang kotak korek api 1-75 seri popularitas.
Selama 1960-an berbagai perusahaan mulai menggunakan diecast
kendaraan sebagai barang-barang promosi untuk iklan. Gagasan bahwa anak-anak
dapat memainkan peran besar dalam keluarga keputusan apa produk untuk membeli
datang ke berbagai sirkulasi. Selain itu, pada 1980-an itu jelas bahwa banyak
diecast kendaraan yang dibeli oleh orang dewasa sebagai collectibles, bukan
sebagai mainan untuk anak-anak. Perusahaan seperti McDonald’s, Sears Roebuck,
Kodak, dan Texaco ditugaskan toymakers untuk menghasilkan model promosi yang
menampilkan nama dan logo mereka, atau lisensi penggunaan mereka. Salah satu
contoh awal adalah sebuah American Airlines London bus yang diproduksi oleh
kotak korek api, ide beberapa maskapai lain cepat disalin.
Mulai di pertengahan 70-an truk dan kendaraan komersial lainnya
mengambil porsi pasar diecast. Kotak korek api mulai tren ketika mereka
diluncurkan kembali rentang model lampau mereka. Mereka membuat Skor versi yang
berbeda dari van Y-12 Ford Model T mereka, bersama dengan truk-truk di corak
yang berwarna-warni seperti Coca-Cola, Colman Mustard dan Cerebos garam. Mereka
juga membuat versi promosi untuk keripik Smith (keripik kentang) dan Harrods
department store. Beberapa model yang dibuat khusus untuk pasar tertentu dan
segera menjadi cukup mahal di tempat lain: Arnott’s biskuit (Australia) dan
Sinar matahari Seife (sabun, Jerman) adalah contoh.
Corgi disalin ide ini ketika mereka berkembang garis Corgi
klasik di pertengahan-’ 80-an, memproduksi lebih dari 50 versi tahun 1920-an
era Thornycroft van. Beberapa kolektor meremehkan perkembangan ini sebagai
“mengumpulkan cat,” seperti coran identik; hanya dekorasi yang berbeda.
Kolektor lain menciptakan apa yang mereka sebut “Aturan 10-kaki” ketika
mengumpulkan variasi kendaraan sama mendapat keluar dari tangan. Idenya adalah
bahwa, jika Anda tidak bisa membedakan antara dua versi model dari 10 meter,
itu tidak berharga untuk mengumpulkan mereka berdua.
Pada tahun tujuh puluhan, Jepang toymaker Popy (dimiliki oleh
Bandai mainan perusahaan yang lebih besar) menciptakan garis die-cast mainan
didasarkan pada serial anime populer Super Robot periode. Garis bernama
Chogokin, berarti “Super Alloy”, setelah futuristik logam robot Mazinger Z
dikatakan terbuat dari. Baris ini dimaksudkan untuk memberikan anak rasa berat
super robot di kartun, dengan cara yang sama untuk Popy’s lain baris, Jumbo
Machinder (dikenal di Barat sebagai Shogun prajurit), dan memberi nama
anak-anak gagasan bahwa mainan mereka terbuat dari hal yang sama sebagai robot
“nyata”. Garis terbukti populer, dengan beberapa tokoh yang diimpor ke Barat.
Pada akhir tahun sembilan puluhan, Bandai menciptakan garis Jiwa Chogokin tokoh
dewasa kolektor yang menampilkan bagian logam, sebagai callback untuk mainan
Chogokin yang asli, dan kemudian garis Super Robot Chogokin lebih kecil tetapi
serupa.
Meskipun popularitas mereka, banyak produsen diecast pergi
belly-up pada tahun 1980. Meccano (Dinky), kotak korek api dan Corgi semua
bangkrut dalam kurun waktu tiga tahun, yang pada dasarnya mencerminkan iklim
ekonomi di Inggris pada waktu itu. Hal ini telah menjadi hampir mustahil untuk
memproduksi di Inggris dan bersaing di pasar dunia. (Mattel telah lama juga
bergeser sebagian besar dari produksi mereka dari Amerika Serikat ke timur
jauh.) Kotak korek api dibeli oleh konglomerat Hong Kong yang bernama Holdings
Universal, yang pindah produksi dari Inggris ke Macau. Kemudian (1997), Mattel
membeli kotak korek api, pada dasarnya membuat Hot Wheels dan kotak korek api
1-75 jalur Suster merek. Dua merek terus menjual di bawah nama mereka sendiri
terpisah.
Sementara itu, Corgi telah diakuisisi oleh Mattel, yang
memindahkan kantor dari Swansea, Wales ke Leicester, Inggris dan pindah
manufaktur ke Cina. Sebuah perusahaan baru yang disebut Oxford Diecast
mengakuisisi bekas pabrik Corgi Swansea dan memulai pembuatan untuk diri mereka
sendiri dan Corgi. Kotak korek api juga membeli nama mungil mainan, lama
setelah pabrik Liverpool ditutup. Manufaktur dilanjutkan di Cina. Dalam
serangkaian pergeseran berikutnya, sekelompok eksekutif Corgi membeli kembali
jalur Corgi klasik dari Mattel, dan bagian-bagian dari garis kotak korek api
tersebut dijual kepada perusahaan Australia yang bernama Tyco (ada kaitannya
dengan garis Tyco Kereta Skala HO, awalnya dibuat oleh Mantua Metalworking di
New Jersey, USA).
Efektif dari abu dari kotak korek api di Kepailitan muncul
Lledo, sebuah perusahaan yang diciptakan oleh kotak korek api mantan mitra Jack
Odell. Odell percaya bahwa British koleksi untuk kolektor Inggris bisa masih
menguntungkan diproduksi di Inggris. Lledo mengambil alih bagian dari pabrik
kotak korek api di Enfield, dan memperkenalkan mereka “Model hari pergi” garis
diecast kendaraan pada tahun 1983. Seri pertama pergi hari model termasuk
re-makes dari beberapa yang paling populer dan dihormati pertama dan generasi
kedua kotak korek api Model tadi. Lledo model adalah koleksi yang sangat
populer di ‘ 80-an, mengarah ke periode diversifikasi (termasuk garis pemimpin
klasik pasca-perang Inggris kendaraan), tetapi oleh tahun 90-an mereka yang terhalang
oleh merek lain, dan tahun 2002 Lledo bangkrut. Bagian dari garis mereka dibeli
oleh Corgi, yang dipindahkan ke Cina, produksi.
Oxford Diecast mengembangkan sejumlah promosi bergaya
kendaraan dan dipertahankan manufaktur basis di Swansea sampai 2000 ketika itu
pindah produksi tanaman yang dimiliki di Cina. Karena itulah adalah produsen
skala besar terakhir dari diecast model untuk memproduksi di Inggris, meskipun
itu memilih untuk sendiri dan membangun pabrik Cina sendiri daripada
outsourcing produksi sepenuhnya.
Selain truk, Corgi menghasilkan ratusan versi skala 1/64
mereka Routemaster bus di ‘ 80-an dan 90-an. Seperti tren model yang
mengumpulkan dan promosi lain, itu dimulai sebagai tetesan dan segera menjadi
banjir. Banyak versi dibuat untuk dijual secara eksklusif di toko-toko yang
iklan yang muncul di bus. Harrods, Selfridges, Gamley’s, Hamley’s, tentara
& angkatan laut, Underwood’s, dan Beatties adalah di antara toko-toko
Inggris yang mempekerjakan ide ini. Rantai Afrika Selatan yang disebut Dion
adalah salah satu beberapa perusahaan luar negeri untuk mengikutinya.
Kemudian skala 1/76 bus menjadi sangat populer di Inggris
pada akhir ‘ 80-an dan awal 90-an, dengan garis-garis yang bersaing dari Corgi
(asli Omnibus perusahaan) dan Gilbow Holdings (eksklusif edisi pertama, atau
EFE) berjuang untuk pasar. Skala 1/76 cocok dengan Inggris ‘OO’ skala model
kereta api. Oleh tahun 1990-an NASCAR menikmati meningkatkan popularitas
di Amerika Serikat, dan sejumlah besar yang berhubungan balap Nascar diecast
mobil dan truk, dicat dalam warna tim balap berbeda, muncul dari berbagai
produsen. Juara adalah merek terkemuka seperti model, tetapi ada banyak orang
lain.
Selain untuk mobil, truk, bus, agricultual alat-alat, dan
peralatan konstruksi, diecast pesawat dan model militer yang populer. Sementara
Dinky telah membuat model seperti dekade sebelumnya, perusahaan baru memasuki
lapangan di ‘ 80-an dan 90-an. Salah satu produsen adalah Dyna-Flytes, yang
bangkrut pada 1990-an, tetapi pangsa pasar mereka adalah dengan cepat diambil
oleh kompetitornya, termasuk Schabak, GeminiJets, Herpa, dan naga sayap.
Pada tahun 2005 Oxford Diecast memasuki pasar akurat skala
dengan macam kendaraan di populer Inggris kereta skala 1: 76 dan 1:148. Ini dan
produk yang secara radikal meningkatkan di para 1:43 skala berarti perusahaan
dengan cepat tumbuh penjualan dan UK pangsa pasar, menjadi pemain dominan dalam
5 tahun. Perjanjian dengan BBC TV untuk program Top Gear dan UK bergerak Eddie
Stobart lisensi diikuti sebagai mereka diperluas ke produk berlisensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar