Jumat, 16 Oktober 2015

Sejarah Tentang Tomica

Tomica merupakan merk diecast populer di dunia. Berasal dari Jepang, merk ini diproduksi oleh perusahaan mainan terkenal bernama Takara Tomy atau Tomi Co. Nah,diecast Tomica pertama kali diproduksi pada tahun 1970. Sebelum memproduksi diecast nya yang dengan berbagai model dan skala, Tomica hanya dibuat untuk model yang disebut 3 inch.

Sebenarnya hampir semua diecast memiliki ciri khas.entah dari bentuk, jenis , skala. Nah, jika Tomica sendiri memiliki ciri khas dengan menampilkan replika mobil buatan jepang, dari jaman dahulu sampai sekarang yang paling baru.diecast ini dibuat semirip dan sedetil mungkin,mulai warna,bentuk,desain,sampai seluruhnya. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1924 ini memproduksi Tomica dalam kemasan kotak hitam yang disebut domestik, karena replika mobil yang dibuat memang terinspirasi dari mobil mobil buatan jepang sendiri.

Pada tahun 1974 Tomica melebarkan sayapnya ke amerika. Untuk itu dibuatlah Seri asing, dengan ciri khas kotak bernuansa biru putih bernama pocket cars. Supaya lebih menarik, pada 1976 mobilnya ditambah dengan meniru mobil mobil buatan Jerman, Inggris, Italia, Perancis, dan Amerika, Tetapi pada tahun 1988 Tomica menggabungkan 2 seri tersebut dengan nama Tomica Reguler,yang berciri khas kotak merah putih.

Tomica makin disukai,seri seri baru pun dibuat sampai sekarang tomica sudah membuat seri serinya seperti gift set (tomica yang berisi 4 mobil dalam 1 dus dan variannya lebih unik), tomica limited (jumlahnya sedikit, dan lebih detail), tomica long (tomica berukuran panjang seperti truk yang panjang), tomica town (aksesoris bangunan sehingga jika sudah terkumpul bisa menjadi miniatur kota !), tomica dandy (ukurannya lebih besar), Tomica Limited Vintage, Tomica Limited Vintage Neo. sampai saat ini sudah ribuan jenis Tomica yang dibuat takara tomy.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar